Ads (728x90)

Proses Pemotongan Tumpeng oleh Kepala Madrasah 
Demak - MAN Demak - Sabtu, 28 Mei 2016 merupakan peristiwa bersejarah bagi Pramuka MAN Demak pasalnya selama lebih dari 20 Tahun Organisasi Gerakan Pramuka ini belum pernah merayakan hari jadinya. Bukan karena lupa, namun terkait masih simpang siurnya informasi kapan hari jadi Pramuka MAN Demak ini. Melalui proses yang cukup panjang Dewan Ambalan 2015/2016 memutuskan untuk menggali informasi kembali berkaitan tentang kapan sebenarnya Ambalan Sunan Kalijaga - Nyi Ageng Serang ini berdiri, dan siapa saja perintisnya.
Setelah cukup lama melalang buana akhirnya menunai informasi titik terang, informasi tersebut diperoleh dari Bapak Nur Mukhlis yang lebih akrab disapa Mukhlis Yamzi, kebetulan merupakan salah satu Pembina Pramuka MAN Demak Era Bapak Mohammad Sholeh pertama kali menjabat sebagai Kepala MAN Demak pertama, beliau sekaligus sebagai perintis Ambalan Sunan Kalijaga Nyi Ageng.
Dari Beliaulah informasi tersebut diperoleh dan informasi tersebut diberikan kepada Pembina Pramuka MAN Demak Bapak Moh. Guntur Yulianto, S.Sos, hingga akhirnya keluarlah SK Kepala Madrasah yang memutuskan bahwa Hari Jadi Ambalan Sunan Kalijaga - Nyi Ageng Serang tanggal 28 Mei 1996.
Dalam Perayaan Hari jadi ke 20 tahun ketua panitia yang merangkap sebagai Juru Gudang Dewan Ambalan ini menyampaikan "Terima Kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan peringatan Hari Jadi Ambalan ini, meski hanya sederhana semoga kedepan lebih dari ini" ujar Ketua Panitia yang kerap disapa Ariful ini.
Pradana Ambalan Sunan Kalijaga menyampaikan bahwa ini adalah wujud kepedulian dari Dewan Ambalan 2015/2016 untuk mencari tahu sejarah tentang hari jadi Ambalan Sunan Kalijaga - Nyi Ageng Serang ini.
"Semoga ini menjadi pemicu untuk kebangkitan kembali Pramuka MAN Demak, setelah mengetahui kejelasan hari jadinya, dan juga terima kasih atas kerjasamanya semua pihak" ungkap Iqbal sekaligus sebagai Pradana

Rasa syukur diungkapkan oleh Pembina Pramuka Kak Guntur Yulianto, berkat kerja keras dari Dewan Ambalan yang mencari informasi tentang hari jadi ambalan, akhirnya harlah dapat terlaksana.
"Alhamdulillahirrobil alamin pada hari ini (Sabtu 28/5) harlah ambalan sunan kalijaga - nyi ageng serang pertama kalinya dilaksanakan berkat kerja keras dari Dewan Ambalan 2015/2016" ujar Kak Guntur Yulianto.

Sementara Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan Bapak Edy Suparso berpesan agar memanfaatkan media sosial yang telah dimiliki untuk menyebarkan  keharuman Gerakan Pramuka MAN Demak dan berharap kedepannya berbagai prestasi terus diraih, meskipun berbagai prestasi telah didapatkan oleh Ambalan Sunan Kalijaga - Nyi Ageng Serang ini.
"Harus lebih maju lagi dengan berbagai prestasi yang membanggakan, Insyaallah dengan prestasi ini nanti kalian dapat memetik berbagai manfaat mungkin akan berguna kelak" harapan dari Bapak Edy Suparso.

Prosesi pembacaan sejarah diikuti dengan pengibaran Bendera Ambalan Sunan Kalijaga - Nyi Ageng Serang ditampilkan dalam sela-sela rangakaian acara, dalam pembacaan sejarah tersebut memuat latar belakang ditetapkannya 28 Mei 1996 sebagai hari jadi Ambalan.

Bapak Suprapto sekaligus Kamabigus berharap agar tetap mempertahankan karakter sebagai Praja Muda Karana, sebab zaman sekarang karakter pemuda telah racuni informasi media yang disalahgunakan.
"Mudah-mudahan Pramuka diera digital, Kalian tetap mempertahankan Karakter" Ungkap Bapak Suprapto disela-sela akhir sambutannya.

Sebelum menutup sambutan Bapak Suprapto berharap semoga tumbuh motivasi agar selalu menjadi pramuka yang selalu menunjukkan jatidiri serta mampu meraih prestasi yang membanggakan.

Kegiatan Harlah Pramuka ditutup dengan Makan bersama seluruh Peserta Harlah Pramuka MAN Demak.(arf)

Post a Comment

Blogger