Ads (728x90)


A. Pengertian
Adalah tanda-tanda yang dikenakan pada pakaian seragam Pramuka, yang dapat menunjukkan segala sesuatu mengenai identitaas seorang anggota Gerakan Pramuka.
B. Maksud
Tanda Pengenal Gerakan Pramuka dimaksudkan sebagai identitas jati diri seorang Pramuka. Dengan tanda pengenal juga kita dapat mengetahui wilayah tempat dia berasal, satuan tempat ia bergabung, tugas yang sedang dilaksanakannya, jabatan yang dipangkunya, kecakapan yang dikuasainya dan penghargaan yang telah diterima. 
C. Fungsi
  1. Sebagai alat pendidikan
  2. Sebagai alat pengenal
  3. Sebagai tanda pengakuan atau pengesahan
  4. Sebagai tanda penghargaan
D. Macam-Macam Tanda Pengenal
  1. Tanda Umum, dipakai secara umum oleh semua anggota Gerakan pramuka yang sudah dilantik, baik putra atau putri, macamnya : Tutup Kepala, Setangan/Pita Leher, Tanda Pelantikan, Tanda Harian pandu Putra.
  2. Tanda Satuan, menunjukkan Satuan/Kwartir tertentu, tempat seorang anggota Gerakan Pramuka bergabung, macamnya : Tanda Burung/Regu/Sangga, Gugusdepan, Kwartir, Mabi, Krida, Saka ia Daerah, Satuan, dll.
  3. Tanda Jabatan, menunjukkan jabatan dan tanggungjawab seorangGerakan Pramuka dalam lingkungan organisasi Gerakan pramuka macamnya : Tanda Pemimpin/Wakil Pemimpin (S/G/T/D), Pembina (S/G/T/D), Pelatih, Andalan dan lain-lain.
  4. Tanda Kecakapan, menunjukkan kecakapan, ketrampilan,sikap, tingkat usaha seorang Pramuka dalam bidangtertentu, sesuai golongan usianya macamnya : TKU/TKK, Pramuka Garuda, dan sebagainya. :
  5. Tanda Kehormatan, menunjukkan jasa atau penghargaan yang dibebankan kepada seseorang atas jasa, darma bakti yang cukup bermutu dan bermanfaat bagi Gerakan Pamuka, kepramukaan, masyarakat, bangsa, Negara dan umat manusa, macamnya:
  6. Peserta didik : Tiska, Tigor, Bintang Talilinan, Bintang
  7. Wiratama, bintang Teladan:
  8. Orang dewasa (kang dewasa : Pancawarsa, Darma Bakti, Wiratama, Melatih,Tunas Kencana.

Post a Comment

Blogger